PART & ACCESSORIS 

Ada Beberapa Perbedaan Fitur Pada Busi Honda Forza, Yamaha XMAX, Honda ADV 150 dan Honda PCX

otomotifme, Indonesia – Sebagai salah satu komponen pengapian yang krusial, busi memiliki fitur-fitur yang didesain khusus dengan spesifikasi yang berbeda untuk masing-masing kendaraan. Fitur tersebut diciptakan antara lain karena kebutuhan setiap mesin dan kendaraan terkadang berbeda-beda, tergantung dengan keinginan dari masing-masing pabrikan terlebih di masa sekarang ini di mana terjadi perubahan tren popularitas motor bebek ke motor matic.

Perubahan tren tersebut mau tidak mau ikut mendorong terjadinya inovasi dan pengembangan mesin motor agar semakin optimal. Sebagai contoh bisa dilihat pada pemakaian busi tipe NGK LMAR8A-9 yang digunakan pada motor Yamaha XMAX dan Honda Forza.

Diko Oktaviano selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia menjelaskan “Busi NGK LMAR8A-9 dan Laser Iridium LMAR8BI-9 untuk XMAX dan Forza memiliki fitur yang cukup berbeda dari busi motor pada umumnya. Busi motor ini memiliki fitur yang disebut dengan Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5mm. Penggunaan ulir yang cukup panjang tersebut bukan tanpa alasan, karena diciptakan agar dapat meningkatkan efisiensi system pendingin yang lebih besar dengan tujuan menaikkan kemampuan kompresi serta ruang bakar dan sudut katup yang lebih kecil menghasilkan efisiensi yang tinggi dengan jalur pendinginan lebih lebar untuk mencegah knocking serta lubang busi yang lebih kecil menjadikan design mesin lebih fleksibel.”

Berdasarkan penjabaran fitur-fitur spesifik untuk masing-masing motor yang berbeda-beda, tak heran apabila pihak NGK Busi Indonesia selalu mengingatkan akan pentingnya penggunaan part number busi yang sesuai dengan kendaraan yang dimiliki agar para pemakai kendaraan dapat merasakan performa dan efisiensi yang paling optimal.

“Tak hanya kedua motor matic di atas, di motor Honda PCX dan ADV 150 pun businya memiliki fitur khusus yang cukup berbeda dari motor matic lainnya. Busi NGK MR8K-9 yang disematkan pada kedua motor di atas, dibekali dengan penggunaan fitur dan material baru pada elektroda pusatnya sehingga memiiki sifat anti-spark erosion dan anti-oxidation sehingga busi tersebut dapat memiliki performa pengapian yang maksimal dengan masa pakai yang lebih panjang.” Tambah Diko

Related posts

Leave a Comment